DIDAKTIK METODIK PAI


 Pengertian Didaktik dan Metodik dalam PAI

Didaktik berasal dari kata ”didasco” dari bahasa yunani didaskein  atau pembelajaran artinya perbuatan atau aktivitas yang menyebabkan timbulnya kegiatan dan kecakapan baru pada orang lain (TIM IKIP  Surabaya, 1993)

Didaktik adalah  ilmu mengajar yang didasarkan atas prinsip-prinsip kegiatan penyampaian bahan pelajaran sehingga bahan pelajaran dapat di miliki oleh siswa. Dalam hal ini ada interaksi antara guru dengan siswa dalam menyajikan materi pelajaran. (Zakiyah Darajat, 1995) 

Dari uraian di atas dapat di pahami bahwa didaktik eratnya dengan :

  1. Guru sebagai sumber
  2. Murid sebagai penerima
  3. Tujuan yang akan di capai dalam pembelajaran
  4. Dasar sebagai landsan pembelajaran
  5. Sarana/alat berupa meja kursi, dll
  6. Bahan/ materi yang kan di sampaikan kepada siswa
  7. Metode untuk menyampaikan materi
  8. Evaluasi untuk mengukur keberhasilan siswa. (Basyirudin, 2002)

Sedangkan Fokus kajian didaktik adalah sebagai berikut:

a)    Tujuan pembelajaran

b)    Bahan atau materi pemebalajaran

c)    Metode pembelajaran untuk menyampaikan materi

Didaktik ada 2 yaitu :

  1. Didaktik umum: memberikan prinsip-prinsip umum yang berhubungan dengan penyajian bahan pelajaran agar anak dapat mengasai suatu pelajaran
  2. Didaktik khusus: membicarakan tentang cara mengajarkan mata pelajaran tertentu yang mempunyai ciri khas tertentu. Didaktik khusus di sebut juga metodik

 

Metodik ada 2 yaitu :

  1. Metodik umum : pengetahuan yang membahas  cara-cara mengajarkan sesuatu jenis materi palajaran tertentu secara umum artinya sacara garis besar cara pembelajaran serta kesulitan pada materi pelajaran tertentu.
  2. Metodik khusus: pengetahuan yang membahas tentang cara-cara mengajarkan suatu jenis materi pelajran tertentu secara mendetail artinya di uraikan sampai bagian-bagian terkecil.   

 Sedangkan  menurut (Zakiyah Darajat, 1995)  Metodik suatu cara  dan siasat penyampaian materi pelajaran tertentu  terhadap siswa agar siswa dapat memahami, mengetahui, dan menguasi materi yang diajarkan        

  1. Ruang lingkup MPAI

Pendidikan agama islam bertujuan untuk membentuk manusia  agamis dengan menanamkan aqidah keimanan, amaliah dan budi pekerti atau akhlak terpuji  untuk menjadi manusia yang taqwa kepada allah.

Rung lingkup MPAI:

  1.  
    1. Pembelajaran keimanan
    2. Pembelajaran aklaq
    3. Pembelajaran ibadah
    4. Pembelajaran fiqh
    5. Pembelajaran tafsir
    6. Pembelajaran hadist
    7. Pembelajaran tarikh islam
  1. Tujuan Peranan MPAI
  • Agar dapat mengajarkan materi PAI sesuai dengan kemampuan siswa
  • Memberikan latihan, bimbingan, serta latihan dalam membentuk kepribadian

Guru yang baik :

  1. Memahami dan menghormati murid
  2. Menyesuaikan metode dengan materi pembelajaran
  3. Menyesuaikan  materi pembelajaran dengan karakteristik individu
  4. Mengaktifkan anak dalam belajar
  5. membentuk karakter anak   
  6. Hubungan didaktik dan metodik dalam MPAI
About these ads

2 thoughts on “DIDAKTIK METODIK PAI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s